Torque Wrench / Kunci Torsi

Torque Wrench – Diperlukan pengalaman untuk mengeratkan ikatan baut dan mur. Pengencangan yang terlalu kuat bisa berbahaya pada pengikatan benda yang temperatur kerjanya tak stabil. Seandainya mengencangkan baut pengikat bantalan terlampau kuat, pemuaian yang tidak sama diantara baut dan tutup bantalan bisa memberi tambahan tegangan yang terjadi pada tangkai baut. Sehingga tangkai baut yang bersangkutan dapat patah. Untuk menghindari kejadian hal yang demikian karenanya di pakailah torque wrench ini.

Torque wrench atau dapat disebut kunci torsi yaitu alat yang diterapkan untuk mengeratkan baut dan mur dengan level kuat dan kekencangan yang bisa di sesuaikan dengan keperluan. Bisa disimpulkan fungsi dari kunci torque wrench ialah untuk menilai gaya ulir pada baut maupun mur sampai menempuh kekencangan yang tertentu.

Umumnya pada dikala permulaan pengencangan diterapkan kunci lazim seperti kunci ring, kunci soket ataupun kunci tepat. Sesudah dirasa telah tepat kemudian dikencangkan lagi dengan kunci torque atau kunci torsi dan kencangkan layak dengan skor kekencangan dari mur atau baut hal yang demikian. Kunci torsi bisa juga memudahkan dalam menyamakan skor kekencangan mur atau baut, sehingga bisa menghindari kebengkokan pada suatu komponen yang berbeda-beda

Jangan heran bila kau tak jarang memandang kunci ini ada di bengkel atau di industri lainnya, sebab kunci torsi benar-benar diperlukan di dunia industri khususnya di industri otomotif. Semoga tulisan ini bisa memberi pengetahuan yang berguna khususnya untuk Anda yang berprofesi di bidang teknik industri atau otomotif.

 

Baca Juga : Gerinda Tangan & Pompa Air

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.