Saatnya Ekonomi Berkembang via UMKM

Souvenir Unik

Souvenir Unik – Komite Babel Fair memberikan pemahaman dan sistem berhasil bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan bidang usahanya terutama pada sektor makanan. Pagelaran event akhir tahun Bangka Belitung (Babel) Fair 2017 diadakan di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

Sekretaris Komite Babel Fair 2017 Abdullah Randy menceritakan, masyarakat yang mau terjun ke industri UMKM sesudah pasca-timah ini, seharusnya lebih condong mengoptimalkan sektor pariwisata dan bisnis UMKM. Menurutnya, mengapa pariwisata sebab dengan adanya obyek pariwisata, karenanya akan dapat melahirkan industri kreatif salah satunya itu pelaku UMKM.

UMKM ini sendiri dapat dalam industri produk makanan lokal tempat seperti terasi (bumbu dapur) dan getas (keripik, kemplang) yang dikemas dengan bagus dan menarik, atau dalam hal liburan masakan seperti bumbu kuliner makanan khas Bangka adalah lempah kuning,

Dibuktikan Abdullah, produk makanan seharusnya dikemas semenarik mungkin supaya dapat dipasarkan sebagai buah tangan (ole-ole) bagi pelancong yang datang berkunjung ke Bangka Belitung dan tentunya harga seharusnya murah atau affordable.

Sebab kita kenal bahwa Kepulauan Bangka Belitung ini tenar dengan souvenir yang mahal. Karenanya dari itu souvenir seperti produk makanan khas tempat haruslah relatif murah dan diinginkan dibantu oleh pemerintah provinsi ataupun tempat saling bersinergi dan stakeholder lainnya dalam mengoptimalkan bisnis makanan.

Dengan demikian itu, kata Abdullah si kecil-si kecil generasi muda kreatif di Bangka Belitung dapat lebih terpacu lagi terjun ke industri bisnis UMKM supaya dapat dipasarkan, diproduksi dalam skala nasional ataupun internasional dengan kemasan menarik dan produknya nikmat ke depannya.

Karenanya dari itu dalam kesibukan Babel Fair 2017, para stake holder seperti Bank Indonesia Babel, Dinas Pemrov, Dinas Pemda, PT Timah, PLN, dan pihak swasta lainnya memerankan kesibukan pembangunan, investasi dan pariwisata untuk para pelaku yang mau belajar dan terjun ke bisnis UMKM.

 

Baca Juga : Souvenir Promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published.