Penjualan Genset di Kota Bandarlampung Meningkat Drastis

Penjualan genset atau mesin pembangkit listrik di Bandarlampung baru-baru ini ini mendadak melonjak jumlahnya. Itu disebabkan seringnya terjadi pemadaman listrik di kawasan itu dan tempat lainnya di Provinsi Lampung.

Menurut pantauan di sejumlah sentra penjualan genset di Bandarlampung, Sabtu (10/5), warga lazimnya mencari genset murah berdaya kecil supaya harganya relatif murah dan tarif operasionalnya lebih murah.

Di wilayah Kartini Bandarlampung, kebanyakan mesin genset yang dicari warga berdaya antara 800-2500 watt, dan lazimnya yang dipasarkan yaitu mesin buatan Tiongkok.

Genset buatan Tiongkok harganya jauh lebih murah diperbandingkan mesin buatan Jepang, dan nama-mana genset Tiongkok itu hampir mirip dengan nama tenar dari Jepang, seperti Honda dan Yamana.

“Aku beli genset buatan Tiongkok sebab harganya jauh lebih murah, dan pengaplikasiannya dikala aliran listrik PLN padam saja,” kata Duan, yang membeli genset buatan Tiongkok berdaya 2500 watt. Dia mengaku membeli genset berkekuatan cukup besar itu, meskipun energi yang dipakai kecil, supaya mesin gensetnya tidak kencang rusak.

Sebagian pedagang menceritakan penjualan genset tak mengalami lonjakan, meskipun aliran listrik PLN makin tak jarang padam dengan durasi pemadaman di atas tiga jam lebih.

“Energi beli masyarakat terbatas,sehingga pembeliannya cuma naik sedikit saja,” kata salah satu pedagang genset di wilayah Kartini Bandarlampung.

Sementara itu, warga Badarlampung kembali mengungkapkan kekecewaannya sebab pemadaman listrik masih terus terulang di kota itu dan tempat lainnya di Provinsi Lampung.

Kawasan Bandarlampung masih tak jarang mengalami pemadaman aliran listrik seperti di wilayah Waydadi Sukarame, Bandarlampung. Warga di perkampungan lazimnya memakai lilin sebagai alat penerangan dikala listrik padam sehingga meningkatkan risiko terjadinya kebakaran.

Cuma beberapa kecil bangunan di kawasan Sukarame yang memakai penerangan listrik dengan mengoperasikan genset, seperti RS Imanuel, rumah makan, cafe dan kios.

Di sentra kota, pengaplikasian jual genset mulai banyak dipakai warga sehingga kondisinya tak segelap gulita keadaan di perkampungan dikala PLN melaksanakan pemadaman listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *