Bahan Plafon PVC Baru Dipakai Pertama Kali

plafon pvc

Direktur Utama PT Nindya Karya, Indradjaja Manopol mengaku, pihaknya baru pertama kali menerapkan plafon berbahan PVC untuk pembangunan bandar udara. Plafon berbahan PVC hal yang demikian roboh dua kali, yakni di ruang check in dan Pekan di ruang tunggu terminal keberangkatan Bandar Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

“Kami baru pertama kali ini pengalaman menerapkan plafon ini di bandar udara. Jika ini dipakai di daerah lain kami tak demikian itu tau,” ungkap Indera. Lepasnya penutup plafond PVC bahan ringan pada bangunan kanan as 21-23/E-F Bandar Supadio Pontianak tak memunculkan kerusakan pada konstruksi rangka. Zona yang lepas hal yang demikian berukuran 7 x 9 meter dengan luas 63 meter persegi. Secara keseluruhan, sempurna zona yang tertutup plafon pada bangunan sebelah kanan seluas 3.969 meter persegi. Dari jumlah itu 3,8 persennya lepas.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Indera masih menunggu hasil penelusuran yang dilaksanakan pihak independen. Ini dilaksanakan untuk menentukan apakah ragam plafon hal yang demikian dapat dipakai kembali atau diganti dengan material ragam yang lain. “Untuk mengantisipasi kejadian serupa, karenanya kita lepaskan yang telah terpasang, yang belum terpasang akan kita pasang jaring sementara. Sekiranya terjadi sesuatu di luar kendali kita, itu (plafon) jatuhnya tak ke bawah namun ke jaring,” ungkapnya.

Plafon papan semen telah mulai banyak dipergunakan. Langkah ini sejajar dengan upaya pemilik rumah mencari pilihan material plafon yang lebih murah, kuat, serta praktis dalam pemasangan dan perawatan. Cara halnya tripleks, papan semen bisa dipasang secara gampang. Meski malahan mirip. Perlengkapan demikian, kita perlu mencermati pelaksanaan pemasangan plafon papan semen, supaya walhasil jauh lebih bagus dari plafon dari tripleks. Berikut kami sampaikan tingkatan pemasangan plafon papan semen.

Pertama, siapkan kelengkapan dan bahan. Sesudah yang semestinya disediakan di antaranya cutter, gergaji kayu, palu, mesin bor, paku, sekrup, kape, amplas. Sedang bahan yang dipakai yaitu papan semen tebal, serta compound khusus papan semen. Kedua, mulailah pemasangan. Buatlah rangka plafon dengan rujukan sebagai berikut: satu lembar papan berukuran bisa dibuatkan dua modul rangka.

Rangka dapat berbahan kayu maupun besi. Gunakan rangka terpasang sebagai struktur, mulailah memasang papan. Jangan lupa sesuaikan ukuran papan dengan rangkanya. Pasang papan ke rangka menerapkan sekrup. Sesudah bor untuk mempercepat pemasangan sekrup. Buatlah nat antara papan semen yang satu dengan lainnya. Gunakan segala papan terpasang, tutup nat dan lubang bekas sekrup dengan kompon, tunggu kering, ratakan menerapkan amplas, dan catlah plafon menerapkan cat tembok.