Sejarah Awal Mula Besi Beton

Besi Beton ialah besi yang diterapkan untuk penulangan konstruksi beton atau lebih populer disebut sebagai beton bertulang.
Besi Beton tulangan pada dasarnya terdiri dari dua wujud yakni Besi Beton Polos atau Plain Bar dan Besi Beton Ulir atau Deformed Bar.
Besi Beton Polos mempunyai penampang bundar dengan permukaan licin atau tak bersirip padahal Besi Beton Ulir wujud permukaannya berupa sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola tertentu.

Beton ialah suatu campuran yang tertata dari batu kerikil atau batu pecah, pasir dan pengikat yang lazimnya menerapkan semen. Campuran bahan-bahan beton ini kemudian diaduk menjadi adonan menerapkan air yang jikalau sudah kering akan menyusun suatu masa menyerupai batuan.
Untuk barier bobot, beton bertulang ini dikasih kerangka yang terbuat dari susunan besi. Kecuali untuk membendung bobot, kerangka besi ini juga berfungsi untuk membendung beton supaya tak mengalami pergeseran.
Beton bertulang mengandung batang tulangan dan direncanakan menurut asumsi bahwa bahan hal yang demikian berprofesi sama dalam memikul gaya-gaya. Beton bertulang bersifat unik dimana dua variasi bahan yakni besi tulangan dan beton diterapkan secara berbarengan.

Sejarah Besi Beton
Penerapan beton pertama kali dilaksanakan oleh warga Perancis yang bernama Joseph Monier dan Joseph Lambot pada tahun 1850. Mereka berdua dikala itu membikin perahu dan beton yang dikasih tulang dari kawat besi yang dibentuk secara pararel.
Atas hasil karyanya itu Joseph Monier dan Joseph Lambot dinyatatakan sebagai penemu dari konsep beton bertulang.

Pada tahun 1867 Joseph Monier sukses menerima hak paten atas hasil karya yang dibuatnya berupa kolam penyimpan air yang dihasilkan dari beton dan dikasih tulang konstruksi dari anyaman tulang besi.
Penerapan beton seperti ini terbukti dapat menjadikan konstruksi yang lebih ringan melainkan komponen betonnya konsisten mempunyai tenaga yang maksimal.
Semenjak dikala itulah Joseph Monier menjadi acap kali bisa hak paten untuk pemakaian kontruksi besi beton bertulang pada bangunan yang lebih besar seperti konstruksi jembatan, bendungan dan lain lain.

Baca juga >> Harga Besi Beton

Pada tahun 1875 William E. Ward seorang warga Inggris sukses membikin bangunan yang menerapkan konstruksi tulang beton pertama di Amerika Serikat, melainkan ia mengungkapkan bahwa usulannya itu berasal dari buruh-buruh di negeri Inggris.
Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1877, Thaddeus Hyatt yang berasal dari Amerika sukses membikin analisis seputar ketahanan beton kepada panas api.

William E. Ward bukanlah warga Amerika yang membikin bangunan dengan konstruksi beton karena pada tahun 1870 seorang warga San Francisco bernama E.L Ransome sudah sukses menemukan besi beton bertulang yang berbentuk ulir. Melainkan penemuan kreatif E.L Ransome baru menerima hak paten sesudah 14 tahun kemudian yakni pada tahun 1884.