Supaya Rumah Terhindar dari Sambaran Petir, Ini Caranya

Supaya Rumah Terhindar dari Sambaran Petir, Ini Caranya
Sambaran petir benar-benar membahayakan. Sekiranya mengenai manusia dapat merenggut nyawa. Bangunan tersambar petir mengalami kerusakan, retak-retak, gosong pengaruh terbakar. Sinar yang mewujudkan listrik tenaga tinggi ini bisa merusak barang-barang elektronik di dalam rumah.

Baca : alat penangkal petir

Melainkan, untuk melindungi rumah dari sambaran petir cuma dapat dikerjakan dengan memasang penangkal petir. Fungsi penangkal petir ebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi tanpa merusak benda-benda yang dilaluinya.

`Cara kerja’ petir cuma menjangkau benda-benda tertinggi. Jadi, rumah-rumah bertingkat, apalagi sekitarnya tak ada bangunan lebih tinggi lagi, sebaiknya memasang penangkal petir. Petir akan menyambar si penangkal petir. Namun, jikalau rumah Anda tak bertingkat, berada di tengah lapang luas semestinya juga memasang penangkal petir. Pasalnya, rumah Andalah yang akan menjadi target petir.

Melainkan, sekiranya di sekitar rumah Anda banyak gedung bertingkat, tak keadaan sulit tak memasang penangkal petir. Gedung bertingkat itu dianggap sebagai pelindung.

Namun, jangan berlega hati dahulu. Pentalan petir dapat datang tidak terarah. Padahal dekat bangunan lebih tinggi, dapat saja akibat pentalannya menyambar ke sekitarnya. Dapat juga pohon yang tersambar petir, pentalannya terkena rumah di sekitarnya. Dikala ini ada dua tipe penangkal petir, ialah yang eksternal, dipasang di luar rumah, dan penangkal petir internal, dipasang di dalam rumah.

Format jasmani petir eksternal runcing. Penangkal dari bahan tembaga ini diletakkan di ujung-ujung komponen tertinggi rumah atau bangunan. Sistem kerja penangkal petir eskternal, menangkap petir, dan menyalurkan ke tanah sehingga rumah terhindar dari kerusakan. Format ujung penangkal eksternal itu sengaja diwujudkan runcing. Karena, bobot listrik memiliki sifat gampang berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian memperlancar progres tarik-menarik dengan bobot listrik yang ada di awan.

Sementara itu, untuk menangkal petir tak seketika yang dapat merusak barang-barang elektronik di rumah yaitu dengan memasang penangkal petir internal (arrester). Penangkal petir ini dipasang pada perangkat panel barang elektronik. Untuk kelas rumahan perangkat seperti ini cukup dipasang pada panel listrik atau setiap barang elektronik.

Melainkan, tidak senantiasa dua penangkal petir ini menjadi keharusan. Sekiranya di sekitar rumah Anda ada bangunan lebih tinggi penangkal eksternal dapat `menumpang’ dari bangunan hal yang demikian. Artinya, Anda tidak perlu memasang di atas rumah. Namun, penangkal internal konsisten diperlukan.

Terkait : Pasang penangkal petir

Lazimnya, penangkal petir internal dipasang pada barang-barang elektronik yang dianggap penting, banyak gunanya, bagi keluarga. Lazimnya rumah tangga memasang pada TV dan komputer. Kendati demikian itu, ada opsi lain yang dapat dikerjakan supaya barang elektronik aman selama hujan dan petir sambar-menyambar, ialah matikan listrik, cabut saluran antena TV, dan kabel telepon.