Metode Mendongkrak Beroda yang Aman dan Benar

Metode Mendongkrak Beroda yang Aman dan Benar

Tiap-tiap kesibukan servis di bawah kendaraan serta ketika pelaksanaan yang mewajibkan melepas roda-roda, karenanya untuk menolong mempermudah mekanik untuk berprofesi kendaraan wajib diangkat.

Salah satu sistem untuk mengangkat kendaraan yakni dengan sistem mendongkrak. Mendongkrak adalah kesibukan mengangkat kendaraan. Dongkrak yang diaplikasikan diaplikasikan untuk mengangkat ini terdapat berbagai-jenis ragam, jenis-jenis dongkrak antara lain dongkrak gunting, dongkrak botol, dongkrak buaya dan lain sebagainya.

Meskipun ragam-ragam dongkrak yang diterapkan berbeda-beda, tetapi pada dasarnya prosedur untuk menjalankan kesibukan mendongkrak sama.

Mendongkrak kendaraan wajib memandang unsur keamanan, bagus keamanan pada mekanik, keamanan kendaraan ataupun keamanan lingkungan. Oleh karena itu kesibukan mendongkrak wajib dikerjakan dengan prosedur yang benar.

Bagaimana mengaplikasikan dongkrak dengan aman ?
Dikala mendongkrak kendaraan, jangan asal mendongkrak. Carilah komponen spot tumpu yang kuat dari kendaraan yang direkomendasikan sebagai daerah untuk mendongkrak. Hal ini dikerjakan supaya kendaraan tak mengalami kerusakan ketika progres mendongkrak. Untuk lebih jelasnya, perihal spot tumpu kendaraan untuk mendongkrak. Ketika mendongkrak juga wajib diamati akurasi posisi komponen angkat dongkrak dengan komponen yang didongkrak. Sebab dengan kekeliruan sedikit saja ketika mendongkrak bisa menyebabkan kecelakan yang besar.

Untuk keamanan ketika mendongkrak juga wajib diamati tempatnya, daerah yang diaplikasikan ketika mendongkrak wajib pada posisi rata dan mempunyai permukaan lantai atau tanah yang keras. Kecuali itu untuk mengamankan kendaraan ketika sudat terangkat, pakai jack stand.

Baca : Harga kunci l

Kecuali daerah, keadaan dongkrak juga wajib diamati. Dongkrak yang diaplikasikan wajib dalam posisi bagus, jangan dongkrak yang telah rusak. Pada dongkrak hidrolik hal yang kerap kali terjadi yakni terjadinya kebocoran pada metode hidrolik dan viskositas minyak hidrolik telah jelek.

Untuk menjaga keadaan dongkrak supaya konsisten bagus karenanya dongkrak perlu dirawat, sistem untuk merawat dongkrak antara lain senantiasa periksa apakah terjadi kebocoran pada metode hidrolik, jangan pakai dongkrak untuk mengangkat dalam waktu yang lama, simpanlah dongkrak pada daerah yang aman dan pelajari buku manual sebelum menjalankan pendongkrakan.

Prosedur mengaplikasikan dongkrak yang benar
– Letakkan kendaraan beroda empat pada daerah yang rata dan mempunyai permukaan lantai yang keras.
– Letakkan ganjal pada komponen roda-roda belakang sekiranya komponen depan akan didongkrak, atau sebaliknya sekiranya akan mendongkrak komponen belakang kendaraan karenanya ganjal roda-roda komponen depan kendaraan.
– Pilihlah dongkrak cocok dengan kapasitas bobot yang akan diangkat. Kecuali itu periksa keadaan dongkrak, sekiranya dongkrak hidrolik periksa apakah ada kebocoran metode hidrolik pada dongkrak atau tak. Apabila ada kebocoran metode hidrolik, dongkrak bisa turun sendiri sehingga akan berbahaya.
– Letakkan dongkrak pada daerah yang telah ditetapkan dititik tumpu kendaraan.
– Sebelum mengawali mendongkrak kendaraan, periksa posisi pengangkat dongkrak apakah telah pas ditengah komponen yang akan didongkrak atau belum. Bila belum, tepatkan pada komponen tengah-tengah untuk menghindari terjadinya slip ketika kendaraan diangkat.
– Sebelum mengangkat kendaraan periksa juga apakah ada sesuatu di bawah dongkrak yang mungkin bisa berbahaya saat dongkrak diangkat.
– Dikala kendaraan telah terangkat, pasang pengaman jack stand untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan ketika berprofesi di bawah kendaraan.
– Dikala sudah selesai menjalankan profesi di bawah kendaraan dan kendaraan akan diwariskan karenanya sebelum menurunkan kendaraan, periksalah apakah ada orang dibawah kendaraan atau ada benda-benda di bawah kendaraan yang mungkin bisa berbahaya.
– Naikkan dongkrak sedikit untuk melepas jack stand, sesudah itu turunkan kendaraan pelan-lahan.

 

https://tekiro.com/