Tang dan beraneka tipe fungsinya

Tang dan beraneka tipe fungsinya

Tang didalam kegunaannya telah menjadi alat yang diperlukan oleh manusia. Karenanya dari itu, aku akan membahas kegunaan tang dan type tang yang aku kenal. Dan ada sebagian tang yang aku sebutkan dibawah ini, ada yang telah di jual di Warung listrik Online Wijaya Elektrik. yuk kita lihat satu persatu.

Tipe–Tipe tang dan kegunaannya:
Wujud dan tipe tang beraneka. Tetapi lazimnya cuma terbagi atas tiga tipe, ialah

Tang pemotong (cutting pliers) : Kedua komponen kepala atas dan bawah (rahang) tajam. Tang ini sesuai untuk memotong kawat dan kabel.

Tang pencapit (Clamp pliers): Mempunyai rahang yang bergerigi sebagi capitan. Lazimnya gerigi ini sungguh-sungguh rapat dengan ujung rahang runcing. Ini untuk menjangkau celah yang kecil.

Baca : Harga tang

Tang pengunci (Clocking Pliers): Rahang bergerigi yang renggang supaya tidak licin saat pengencangan baut.

Tang Pengelupas Kabel (Crimping Plier Tool Kit) / Tang pencapit kabel, Sekiranya Anda sedang melaksanakan instalasi kabel listrik, tang ini bisa menolong. Komponen rahang sebagai pencapit kabel. Di bawah rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Di gagang yang bergerigi untuk mengelupas kabel.

Tang Pemotong (cutting pliers) Mempunyai rahang tajam. Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Bahannya dari besi chrome vanadium. Gagangnya dilapis plastik. Kelemahan, tak sanggup memotong ukuran bidang yang besar atau tebal.

Tang Cucut (Long Noise Plier) Wujudnya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Karena itu, tang ini diketahui sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai pencapit kawat atau kabel. Tetapi Anda bisa memanfaatkan komponen dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel.

Tang Kombinasi (Multi Purpose Plier). Ujung rahang yang bergerigi rapat, untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, komponen yang bergerigi renggang, untuk mengunci mur. Rahang tajam sebagai pemotong kawat dan kabel. Kelemahannya, jikalau celah antar rahang berkarat akan berimbas macet.

Tang Kakatua (Tower Pincer), Diketahui sebagai “tang kakatua” sebab wujudnya mirip paruh burung kakatua. Fungsinya sebagai pemotong kawat dan kabel. Terbuat dari baja dan bergagang lapis karet untuk menjaga supaya tidak licin saat diaplikasikan. Kelemahannya, jikalau tang diaplikasikan untuk memotong bahan yang tebal dan keras bisa menjadi tumpul.

Tang Buaya (Locking Plier Tool Kit) Sekilas wujudnya mirip buaya: moncongnya besar, lebar, dan bergerigi. Karenanya tang ini diketahui dengan sebutan “tang buaya”. Rahangnya yang bergerigi untuk mengunci dan melepas baut. Sekiranya ukuran baut besar, tang bisa dibatasi layak ukuran baut. Carannya, lebarkan kedua tungkai, lalu kunci dengan sekrup pengatur sekalian pengunci yang ada di ujung atas tungkai. Sekiranya berharap mengubahnya lagi, Anda cukup melepaskan tuas di komponen tungkai bawah. Kelemahannya, sekrup pengatur dan pengunci agak keras. Ini sebab drat mur dan baut terlampau dalam.

Baca juga : Alat pertukangan

Tang Multifungsi (Multi Purpose Plier Kit) Mirip dengan tang kombinasi: ada rahang sebagai pemotong dan pencapit. Yang beda, tang ini mempunyai perlengkapan fungsi lain. Di gagangnya terdapat pisau, gergaji, obeng, pembuka tutup botol, dan pembuka tutup makanan kaleng. Jadi, satu tang ini mempunyai banyak kegunaan. Kelemahannya, komponen perlengkapan di gagang gampang kendur atau patah.

Tang Sudut Moncong rahang mempunyai sudut kemiringan 45derajat. Fungsinya untuk menjepit kawat dan kabel yang susah dijangkau, seperti di kolong meja. Kelemahannya, cuma sesuai untuk komponen dengan sudut kemiringan 45 derajat

Tang snap ring Tang ini diketahui juga dengan nama tang spi, ialah berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 teladan yang dibedakan berdsarkan ujungnya ialah lurus dan bengok.

Tang rivet Terdapat dua ragam ialah umum dan fleksibel, kedua fungsinya sama ialah untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel bisa diaplikasikan untuk bidang lurus ataupun sudut.

Tang slip joint Tang standar turunan kendaraan beroda empat dan motor. Dimana lazimnya menjadi bonus disaat kendaraan beroda empat/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasj, tapi lebih simpel dari tang kombinasi.

 

Terkait : Harga kunci inggris