Pipa Mana yang Terbaik untuk Rumah Anda?

Apakah Anda masih bingung memilih pipa yang akan digunakan untuk rumah Anda? Jangan khawatir lagi, kami siap membantu Anda, jadi baca terus!

Ada banyak pipa pipa yang tersedia di pasar yang digunakan oleh para ahli dan non-profesional di bangunan perumahan dan komersial mereka. Namun, tidak banyak orang yang tahu pipa mana yang terbaik untuk digunakan di rumah mereka. Oleh karena itu, kami di sini untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Sekarang inilah masalahnya:

Kami telah mengumpulkan daftar berbagai jenis pipa dan menentukan rumah tangga mana yang paling cocok untuk mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan renovasi rumah dengan rumah Anda, Anda dapat melihat daftar ini dan melihat mana yang akan digunakan untuk perbaikan pipa umum yang akan Anda lakukan. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Lihat Juga: Tubing SS316

Jenis Bahan Perpipaan

Dari pipa kecil hingga pipa besar, ada banyak pilihan untuk dipilih jika Anda ingin menggunakannya untuk rumah Anda. Tetapi yang tidak diketahui orang adalah bahwa ada pipa standar tertentu, perlengkapan pipa dan perlengkapan yang tidak boleh dipasang di rumah-rumah Australia.

Jadi, kami di sini untuk memberi tahu Anda.

Inilah daftar pendek dari berbagai jenis pipa ledeng yang diizinkan dipasang di rumah tangga Australia:

Opsi Perpipaan Plastik

Berbicara tentang pipa, ada dua bahan utama pembuatannya dan salah satunya adalah plastik. Pipa plastik datang dalam berbagai komposisi dan ukuran tetapi kebanyakan berbentuk seperti silinder berongga karena pipa ini biasanya digunakan untuk mentransfer cairan dan cairan gas dari satu tempat ke tempat lain.

Pipa plastik ringan, tidak korosif, tahan bahan kimia, dan mudah disambungkan. Jadi, ini adalah jenis pipa yang biasa digunakan untuk pipa di setiap rumah. Namun, ada beberapa batasan pada pipa plastik. Jadi tukang ledeng Anda menyadari berbagai batasan tekanan dan suhu pipa plastik sangat penting.

Dan inilah kesepakatannya:

Ada berbagai jenis pipa plastik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, mengetahui dengan pasti pipa apa yang akan digunakan untuk lokasi tertentu di rumah Anda dapat membingungkan.

Cek Juga: Jual Pipa Stainless

Untuk membantu Anda dalam hal ini, kami mencantumkan dua jenis perpipaan plastik ini yang biasanya digunakan di rumah-rumah Australia termasuk kemampuan dan batasannya:

1. PVC (Polyvinyl Chloride) biasanya digunakan untuk air limbah dan drainase air hujan

Pipa PVC adalah perpipaan yang paling umum digunakan di rumah tinggal di Australia karena harganya yang terjangkau dan serbaguna. Jenis perpipaan ini digunakan untuk air hangat dan dingin. Terlebih lagi, itu juga bisa menjadi media untuk keperluan irigasi.

Karena pipa PVC dan fitting PVC terbuat dari plastik, maka tidak akan berkarat atau berkarat seiring waktu. Artinya, kecuali rusak, tidak perlu diganti. Ini juga sangat mudah digunakan karena pengelasan atau pengerjaan logam tidak diperlukan.

Namun, ada juga kerugian dengan PVC. Karena terbuat dari plastik, tidak bisa digunakan untuk cairan panas. Dan jika Anda menggunakannya untuk itu, itu akan melengkung.

Juga, sayangnya, sebagian besar PVC tidak dinilai untuk digunakan untuk air minum, karena fakta bahwa PVC dapat terdegradasi dengan suhu tinggi, paparan sinar UV dan tekanan yang sangat tinggi. Degradasi apapun dapat merusak pasokan air dan membuatnya tidak aman untuk air minum.

2. PEX (Polyethylene Cross-Linked Pipe) yang biasa digunakan untuk suplai air panas dan dingin dalam aplikasi komersial dan domestik.

Pipa PEX dianggap sebagai salah satu material paling inovatif dalam industri pipa ledeng.

Mengapa?

Nah, berbeda dengan perpipaan plastik lainnya, PEX tahan terhadap suhu panas dan dingin. Artinya, dapat digunakan untuk saluran air panas dan dingin di rumah tangga, dan bahkan dapat digunakan dalam sistem pemanas. Terlebih lagi, ini adalah bahan fleksibel yang dapat dililitkan ke bagian mana pun di rumah Anda.

Tapi itu tidak semua.

Dibandingkan dengan pipa logam, PEX jauh lebih terjangkau dan lebih mudah dipasang. Itu juga dapat digabungkan dengan berbagai cara melalui fitting push-fit dan cincin crimp.

Namun, ada kerugian dalam menggunakan PEX. Faktanya, meski jenis perpipaan ini sangat tahan terhadap suhu panas, namun tidak bisa langsung dihubungkan ke pemanas air. Jadi, yang terbaik adalah menggunakan konektor logam bersama-sama.

Opsi Pipa Baja Galvanis yang biasa digunakan di masa lalu untuk pasokan gas, limbah, dan air panas dan dingin

Bahan lain yang terbuat dari pipa adalah baja galvanis. Di masa lalu, sebagian besar pipa yang digunakan dalam konstruksi sistem perpipaan rumah adalah logam..

Namun dalam beberapa tahun terakhir, ini telah berubah.

Karena popularitas pipa plastik, seperti PVC dan PEX, tren pipa baja anjlok. Namun, pipa logam seperti Tembaga masih digunakan di rumah karena daya tahannya.

Lihat Juga: Jual Flange

Mengapa?

Nah, beberapa pipa logam tangguh, serbaguna, dan merupakan solusi hemat biaya untuk sistem saluran pembuangan. Mereka juga digunakan untuk pipa terbuka di wastafel, toilet, pancuran, dan bak mandi. Karena pipa plastik mudah rusak jika tidak dibuka, maka pipa logam digunakan untuk ini.

Sekarang, pipa pipa logam memiliki berbagai aplikasi perumahan dan pipa dan beberapa jenis yang paling umum meliputi:

1. Pipa Baja Tahan Karat

Baja tahan karat adalah komponen serbaguna karena perawatannya yang rendah, tahan korosi, dan tahan oksidasi. Ini juga cocok untuk aplikasi suhu tinggi dan kimia. Terlebih lagi, baja tahan karat dapat dengan mudah dibersihkan dan disanitasi. Tidak heran, ini digunakan dalam banyak aplikasi seperti perpipaan untuk mengangkut cairan atau gas.

Baja tahan karat dapat terlihat sangat rapi tetapi harganya sangat mahal. Pipa baja tahan karat digunakan di area yang terkena korosi dan dekat area pantai. Jenis pipa ini tersedia dalam fleksibel dan kaku dan akan memerlukan beberapa sambungan khusus untuk dipasang pada jenis pipa lainnya. Jangan bingung pipa stainless steel dengan pipa galvanis. Ini tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang.

Pipa stainless steel umumnya diproduksi menggunakan proses pengelasan atau ekstrusi. Proses pengelasan melibatkan pembentukan baja menjadi bentuk pipa dan kemudian mengelas jahitannya bersama-sama untuk menahan bentuknya. Ekstrusi menciptakan produk yang mulus dan melibatkan pemanasan batang baja dan kemudian menusuknya melalui tengah untuk membuat pipa.

2. Pipa Tembaga

Pipa Tembaga biasanya digunakan dalam konstruksi jalur pasokan air dan untuk sistem pemanas, pendingin, dan pendingin udara. Jenis pipa ini tahan korosi, sehingga sambungannya juga andal. Ada tiga jenis pipa tembaga yang digunakan di rumah tinggal yaitu Tipe K, Tipe L, dan Tipe M. Ada juga tipe keempat yang digunakan untuk saluran pembuangan limbah tetapi hanya ditemukan di rumah-rumah tua.

Karena keandalan dan daya tahan yang luas dari pipa tembaga, mereka adalah salah satu pipa pipa yang paling banyak digunakan yang ada. Selain itu, fitting yang terbuat dari tembaga juga populer karena dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Dengan demikian, fitting tembaga sering digunakan sebagai fitting gas, fitting pemanas air, dan fitting selang.

Kesimpulan

Pipa dan perlengkapan pipa seperti kerangka rumah kita. Jadi, perlu diketahui bahan apa saja yang cocok untuk rumah yang kita miliki. Karena jika kita menggunakan pipa yang salah untuk rumah kita, pipa darurat mungkin menjadi norma bagi kita. Dengan pemikiran ini, kami ingin membantu Anda memahami berbagai jenis pipa yang tersedia di pasar. Kami berharap melalui bantuan kami, Anda dapat menemukan pipa terbaik untuk rumah Anda.

Kunjungi Juga: Jual Pipa Galvanis

Leave a Reply

Your email address will not be published.